- Artikel Bimtek -

BIMBINGAN STANDAR HARGA SATUAN REGIONAL (SHSR) DALAM PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN APBD BERDASARKAN PERPRES NOMOR 33 TAHUN 2020 SERTA IMPLEMENTASINYA PADA BIAYA PERJALANAN DINAS

BIMBINGAN STANDAR HARGA SATUAN REGIONAL (SHSR) DALAM PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN APBD BERDASARKAN PERPRES NOMOR 33 TAHUN 2020 SERTA IMPLEMENTASINYA PADA BIAYA PERJALANAN DINAS

Baru-baru ini telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional (SHSR). Perpres tersebut merupakan amanat dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. SHSR digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan APBD. Dalam perencanaan anggaran, SHSR berfungsi sebagai:
a. batas tertinggi yang besarannya tidak dapat dilampaui dalam penyusunan RKA SKPD;
b. referensi penyusunan proyeksi prakiraan maju; dan
c. bahan penghitungan pagu indikatif anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Dalam pelaksanaan anggaran, standar harga satuan regional berfungsi sebagai:
a. batas tertinggi yang besarannya tidak dapat dilampaui dalam pelaksanaan anggaran kegiatan; dan
b. estimasi merupakan prakiraan besaran biaya tertinggi yang dapat dilampaui karena kondisi tertentu, termasuk karena adanya kenaikan harga pasar.

Ketentuan mengenai SHSR harus digunakan paling lambat untuk perencanaan dan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021. Sehingga pemahaman terhadap hal ini sangat mendesak bagi aparatur Pemerintah Daerah atau bagi pihak legislatif di daerah, yaitu DPRD. Untuk itu kami bermaksud menyelenggarakan Bimbingan teknis dengan tema: BIMBINGAN STANDAR HARGA SATUAN REGIONAL (SHSR) DALAM PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN APBD BERDASARKAN PERPRES NOMOR 33 TAHUN 2020 SERTA IMPLEMENTASINYA PADA BIAYA PERJALANAN DINAS. Bimtek tersebut akan dilengkapi juga dengan materi tentang Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78/PMK.02/2019 tentang Standar Biaya Masukan Tahun 2020. Hal lain yang akan dibahas adalah mekanisme pelaksanaan perjalanan dinas yang dibiayai dari APBD baik dari aspek teknis maupun aspek komponen pendanaannya.

Whatsapp Telepon
TOP