- Artikel Bimtek -

Pengertian Bimbingan Teknis (BIMTEK)

Pengertian Bimbingan Teknis

Apa itu Bimtek? Bimtek adalah akronim dari Bimbingan Teknis. Bimbingan Teknis memiliki pengertian sebagai sebuah layanan bimbingan dan penyuluhan yang diberikan oleh tenaga ahli atau profesional dibidangnya dengan tujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Seiring dengan jaman yang terus berkembang, Bimbingan Teknis atau Bimtek memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

97% Peserta Bimtek merasakan peningkatan kualitas kerja setelah mengikuti Bimtek yang sesuai dengan bidang kerjanya. Hal ini dapat terjadi karena dalam Bimbingan Teknis para peserta belajar langsung dari tenaga yang sudah profesional di bidangnya, sehingga para peserta didik dapat langsung menerapkan Teknik/Metodologi yang sesuai dengan pekerjaan.

Bimtek umumnya diadakan selama 2 hingga 3 hari tergantung pada materi yang dipilih. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam mendalami materi yang diajarkan atau diberikan oleh tenaga ahli. Selain itu adapun tujuan lainnya yaitu sebagai sarana penyegaran diri (refreshing) sehingga ketika peserta didik kembali ke pekerjaannya, diharapkan dapat lebih focus dengan pekerjaanya.

Definisi Umum dari Bimbingan Teknis

Beberapa tujuan dari Bimbingan Teknis Secara Umum, meliputi
1. Peningkatan kualitas Sumber Daya manusia
2. Koordinasi yang lebih baik
3. Peningkatan kinerja institusi dan organisasi untuk menunjang keberhasilan suatu institusi
4. Memiliki kompetensi untuk secara optimal melaksanakan tugas jabatan yang diduduki
5. Memiliki kompetensi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi

Materi Bimtek yang dapat diberikan sangat beragam dan terus bertambah seiring dengan perkembangan jaman, yang harus menjadi perhatian dari peserta Bimtek adalah siapa Lembaga penyelenggara Bimtek. Peserta Bimtek harus memperhatikan kredibilitas atau izin dari penyelenggara tersebut. Lembaga mengadakan Bimbingan Teknis tanpa izin yang jelas dapat mengakibatkan ketidak jelasan materi yang akan didapat peserta yang tentunya akan berdampak pada tidak terpenuhinya tujuan dari keikutsertaan bimbingan teknis. Tujuan akhir dari keikutsertaan peserta dalam bimbingan teknis menjadi sangat penting baik bagi individu ataupun bagi instansi tempat mengabdi.

Whatsapp Telepon
TOP