- BIMTEK DIKLAT -

Materi Bimtek - PELATIHAN BIMTEK PENINGKATAN & VERIFIKASI SKOR MCP

Bimbingan Teknis Diklatnas memberikan undangan PNS hadir diacara PELATIHAN BIMTEK PENINGKATAN & VERIFIKASI SKOR MCP berikut info Jadwal materi PELATIHAN BIMTEK PENINGKATAN & VERIFIKASI SKOR MCP selama tahun 2024 dengan harga murah

Pembentukan Tim Asistensi dan Verifikasi Capaian Aksi Pencegahan Korupsi Melalui Monitoring Center For Prevention (MCP) di Lingkungan Pemerintahan Daerah Tahun 2023

Dalam upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan bebas dari korupsi, Monitoring Center for Prevention (MCP) memiliki peran strategis. MCP tidak hanya berfungsi sebagai pemantau, tetapi juga sebagai inisiator tindakan pencegahan korupsi yang proaktif. Salah satu mekanisme efektif yang diterapkan adalah pembentukan Tim Asistensi dan Verifikasi Capaian Aksi Pencegahan Korupsi di lingkungan pemerintahan daerah. Artikel ini akan membahas signifikansi dan peran tim asistensi serta verifikasi capaian aksi pencegahan korupsi melalui MCP di lingkungan pemerintahan daerah pada tahun 2023.

  1. MCP: Mekanisme Pemantauan dan Pencegahan Korupsi: Monitoring Center for Prevention (MCP) adalah lembaga yang berfokus pada pemantauan, pencegahan, dan evaluasi dalam upaya mencegah praktik korupsi di berbagai lapisan pemerintahan. MCP berperan dalam mengintegrasikan langkah-langkah pencegahan korupsi dalam setiap tahapan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah.

  2. Pembentukan Tim Asistensi dan Verifikasi: Pembentukan Tim Asistensi dan Verifikasi Capaian Aksi Pencegahan Korupsi adalah langkah nyata untuk memastikan bahwa rencana pencegahan korupsi yang telah dihasilkan mendapatkan pelaksanaan yang optimal. Tim ini terdiri dari sejumlah ahli dan praktisi di bidang pencegahan korupsi, keuangan, hukum, dan manajemen yang bekerja sama untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan verifikasi.

  3. Peran dan Tanggung Jawab Tim Asistensi: Tim asistensi bertugas untuk memberikan panduan teknis dan bimbingan kepada unit-unit kerja di lingkungan pemerintahan daerah dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengawasi aksi-aksi pencegahan korupsi. Mereka juga bertugas menyusun panduan, perangkat kerja, dan bahan pelatihan yang relevan.

  4. Proses Verifikasi Capaian Aksi: Tim verifikasi memiliki peran krusial dalam memastikan capaian aksi pencegahan korupsi sesuai dengan rencana. Proses ini melibatkan pemeriksaan secara cermat terhadap dokumen, data, dan implementasi program pencegahan korupsi. Tim ini akan memberikan penilaian objektif mengenai sejauh mana capaian telah dicapai dan apakah ada potensi perbaikan yang diperlukan.

  5. Manfaat Pembentukan Tim Asistensi dan Verifikasi:

    • Peningkatan Kualitas Pelaksanaan: Melalui dukungan teknis dari tim asistensi, pelaksanaan program pencegahan korupsi dapat berjalan lebih efektif dan sesuai dengan standar terbaik.
    • Akuntabilitas dan Transparansi: Verifikasi oleh tim independen membantu memastikan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan aksi pencegahan korupsi.
    • Peningkatan Kepercayaan Masyarakat: Langkah-langkah konkret dalam pencegahan korupsi akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.

Pada tahun 2023, diharapkan pembentukan Tim Asistensi dan Verifikasi Capaian Aksi Pencegahan Korupsi melalui Monitoring Center for Prevention akan menjadi langkah penting dalam memperkuat tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan efisien. Dengan keterlibatan tim yang kompeten dan independen, diharapkan upaya pencegahan korupsi dapat mencapai hasil yang lebih optimal dan berkelanjutan, mendorong terciptanya lingkungan pemerintahan daerah yang integritas dan melayani masyarakat dengan baik.

Fasilitas Peserta

  • Pelatihan selama 2 hari / sampai dengan materi selesai
  • Konsumsi (Coffee Break 2x dan Lunch 2x) serta Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Kelengkapan BIMTEK:
    • Pena/Pensil & Notebook
    • Makalah
    • Flashdisk berisi Materi & Dokumentasi BIMTEK
    • Penandatanganan SPPD
    • Sertifikat & Kwitansi BIMTEK
    • Tas Ransel Eksklusif
    • Peserta Group (>20 peserta) dapat Kemeja Eksklusif
    • Antar jemput bandara bagi peserta group (>4 peserta)

Biaya Kontribusi

Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Bandung Bogor Puncak Jakarta Malang Semarang Surabaya Yogyakarta

Rp. 4.500.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 3.500.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Bali Balikpapan Banjarmasin Batam Belitung Kendari Lombok Medan Padang Palangkaraya Palembang Pekanbaru

Rp. 5.000.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 4.000.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Aceh Ambon Jayapura Kupang Makassar Manado Manokwari Palu Sorong Ternate

Rp. 6.000.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 5.000.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi