- BIMTEK DIKLAT -

Materi Bimtek - BIMTEK TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Bimbingan Teknis Diklatnas memberikan undangan PNS hadir diacara BIMTEK TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN berikut info Jadwal materi BIMTEK TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN selama tahun 2024 dengan harga murah

Kemiskinan merupakan salah satu isu sentral yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan strategi dan koordinasi yang efektif antara berbagai pihak terkait. Dalam hal ini, Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Tahun 2024, 2025, 2026 menjadi krusial. Berikut informasinya:

  1. Analisis kemiskinan untuk Penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD), Rencana Aksi Tahunan (RAT) dan Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD)
    Dalam upaya penanggulangan kemiskinan, analisis mendalam mengenai kondisi kemiskinan di daerah sangat diperlukan. Ini menjadi dasar penyusunan RPKD, RAT, dan LP2KD. Analisis ini meliputi identifikasi penyebab, distribusi geografis, dan karakteristik masyarakat miskin. Dengan demikian, intervensi yang dirancang dapat lebih tepat sasaran dan efektif.
  2. Penguatan kelembagaan koordinasi penanggulangan kemiskinan
    Keberhasilan penanggulangan kemiskinan sangat bergantung pada koordinasi yang baik antara berbagai pihak. Oleh karena itu, penguatan kelembagaan menjadi prioritas. Hal ini mencakup peningkatan kapasitas sumber daya manusia, perbaikan mekanisme kerja sama, serta optimalisasi peran stakeholder.
  3. Analisis anggaran untuk penanggulangan kemiskinan
    Anggaran yang tepat menjadi kunci sukses program penanggulangan kemiskinan. Dengan analisis anggaran, dapat dilihat alokasi dana yang efisien serta pengawasan penggunaan dana agar sesuai dengan kebutuhan dan prioritas.
  4. Analisis percepatan, pencapaian dan pemenuhan IPM
    IPM (Indeks Pembangunan Manusia) menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Analisis ini bertujuan untuk memastikan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam aspek pendidikan, kesehatan, dan pendapatan.
  5. Analisis pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan
    Pertumbuhan ekonomi harus diiringi dengan penurunan angka kemiskinan. Analisis ini melihat sejauh mana pertumbuhan ekonomi memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.
  6. Pemanfaatan data untuk penajaman sasaran intervensi dalam penanggulangan kemiskinan
    Data dan informasi yang akurat memudahkan dalam proses identifikasi kelompok sasaran. Dengan pemanfaatan teknologi dan basis data yang update, intervensi dapat lebih tepat dan memberikan hasil yang optimal.
  7. Penguatan dan pengayaan basis data untuk percepatan pencapaian IKK pembangunan daerah dan IKU dalam penanggulangan kemiskinan
    Data yang kaya dan valid sangat diperlukan dalam setiap tahapan penanggulangan kemiskinan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
  8. Pengendalian dan evaluasi penanggulangan kemiskinan berbasis hasil/bukti
    Setiap program harus memiliki mekanisme pengendalian dan evaluasi. Hal ini untuk memastikan bahwa program berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan hasil yang diharapkan.
  9. Penyusunan dokumen pelaporan penanggulangan kemiskinan
    Pelaporan menjadi bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait. Dokumen pelaporan harus disusun dengan baik, transparan, dan berbasis bukti agar dapat menjadi acuan dalam perbaikan program di masa mendatang.

Melalui Bimtek ini, diharapkan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dapat bekerja dengan lebih optimal, sehingga upaya penanggulangan kemiskinan di daerah dapat memberikan hasil yang signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Fasilitas Peserta

  • Pelatihan selama 2 hari / sampai dengan materi selesai
  • Konsumsi (Coffee Break 2x dan Lunch 2x) serta Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Kelengkapan BIMTEK:
    • Pena/Pensil & Notebook
    • Makalah
    • Flashdisk berisi Materi & Dokumentasi BIMTEK
    • Penandatanganan SPPD
    • Sertifikat & Kwitansi BIMTEK
    • Tas Ransel Eksklusif
    • Peserta Group (>20 peserta) dapat Kemeja Eksklusif
    • Antar jemput bandara bagi peserta group (>4 peserta)

Biaya Kontribusi

Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Bandung Bogor Puncak Jakarta Malang Semarang Surabaya Yogyakarta

Rp. 4.500.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 3.500.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Bali Balikpapan Banjarmasin Batam Belitung Kendari Lombok Medan Padang Palangkaraya Palembang Pekanbaru

Rp. 5.000.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 4.000.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Aceh Ambon Jayapura Kupang Makassar Manado Manokwari Palu Sorong Ternate

Rp. 6.000.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 5.000.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi