- BIMTEK DIKLAT -

Materi Bimtek - BIMTEK PERHITUNGAN TINGKAT KOMPONEN DALAM NEGERI (TKDN) INSTANSI PEMERINTAH

Bimbingan Teknis Diklatnas memberikan undangan PNS hadir diacara BIMTEK PERHITUNGAN TINGKAT KOMPONEN DALAM NEGERI (TKDN) INSTANSI PEMERINTAH berikut info Jadwal materi BIMTEK PERHITUNGAN TINGKAT KOMPONEN DALAM NEGERI (TKDN) INSTANSI PEMERINTAH selama tahun 2024 dengan harga murah

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) merupakan salah satu aspek penting dalam pengadaan barang dan jasa oleh instansi pemerintah. Hal ini berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pemanfaatan produk dan jasa yang diproduksi di dalam negeri. Oleh karena itu, pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai perhitungan TKDN menjadi sangat relevan dan strategis bagi instansi pemerintah. Artikel ini akan mengulas tentang pentingnya Bimtek perhitungan TKDN bagi instansi pemerintah.

Memahami Konsep TKDN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Bimtek perhitungan TKDN, penting untuk memahami konsep dasar TKDN. TKDN adalah persentase nilai produk atau jasa yang berasal dari dalam negeri dibandingkan dengan nilai total produk atau jasa yang digunakan. Konsep ini digunakan untuk mendorong penggunaan produk dan jasa lokal sehingga dapat mendukung perekonomian dalam negeri.

Tujuan Bimtek Perhitungan TKDN

Bimtek perhitungan TKDN bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada aparatur pemerintah mengenai:

  1. Konsep TKDN: Bimtek akan menjelaskan konsep TKDN secara rinci, termasuk cara menghitungnya dan pentingnya penggunaan produk dan jasa lokal.

  2. Kebijakan Pemerintah: Bimtek akan menginformasikan peserta mengenai kebijakan pemerintah terkait TKDN, termasuk regulasi dan pedoman yang harus diikuti.

  3. Manfaat TKDN: Peserta akan diberikan pemahaman mengenai manfaat penggunaan produk dan jasa lokal, seperti peningkatan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi lokal, dan peningkatan daya saing industri dalam negeri.

  4. Prosedur Perhitungan TKDN: Bimtek akan memberikan panduan praktis tentang bagaimana melakukan perhitungan TKDN secara akurat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sasaran Peserta Bimtek

Peserta Bimtek perhitungan TKDN meliputi aparatur pemerintah dari berbagai tingkatan, terutama yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa. Ini mencakup pejabat pengadaan, pengelola kontrak, serta pihak-pihak yang terlibat dalam proses pengadaan.

Hasil yang Diharapkan

Dengan mengikuti Bimtek perhitungan TKDN, diharapkan peserta akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang:

  • Konsep dan pentingnya TKDN dalam pengadaan barang dan jasa.
  • Kebijakan pemerintah terkait TKDN.
  • Cara melakukan perhitungan TKDN dengan tepat.
  • Dampak positif penggunaan produk dan jasa lokal.

Bimtek perhitungan TKDN adalah langkah penting dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan produk dan jasa lokal. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang TKDN, instansi pemerintah dapat berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri serta memastikan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa.

Fasilitas Peserta

  • Pelatihan selama 2 hari / sampai dengan materi selesai
  • Konsumsi (Coffee Break 2x dan Lunch 2x) serta Dinner 3x (bagi peserta yang menginap)
  • Kelengkapan BIMTEK:
    • Pena/Pensil & Notebook
    • Makalah
    • Flashdisk berisi Materi & Dokumentasi BIMTEK
    • Penandatanganan SPPD
    • Sertifikat & Kwitansi BIMTEK
    • Tas Ransel Eksklusif
    • Peserta Group (>20 peserta) dapat Kemeja Eksklusif
    • Antar jemput bandara bagi peserta group (>4 peserta)

Biaya Kontribusi

Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Bandung Bogor Puncak Jakarta Malang Semarang Surabaya Yogyakarta

Rp. 4.500.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 3.500.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Bali Balikpapan Banjarmasin Batam Belitung Kendari Lombok Medan Padang Palangkaraya Palembang Pekanbaru

Rp. 5.000.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 4.000.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi: Aceh Ambon Jayapura Kupang Makassar Manado Manokwari Palu Sorong Ternate

Rp. 6.000.000 untuk peserta termasuk akomodasi

Rp. 5.000.000 untuk peserta tidak termasuk akomodasi